Strategi Promosi Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital di BSI KCP Jemeber Gajah Mada

Dewi, Elly Gustiana (2024) Strategi Promosi Menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital di BSI KCP Jemeber Gajah Mada. Undergraduate thesis, UIN Khas Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-073-PS-2024)
Elly Gustiana Pusvita Dewi NIM. E20181103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Elly Gustiana Pusvita Dewi, Dr. M.F Hidayatullah. S.H.I. M.S.I., (2024):
“Strategi Promosi Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)
sebagai Alat Pembayaran Digital di BSI KCP Jember Gajah Mada.
E-Banking dapat dilakukan dimana saja, di belahan bumi manapun selama Transaksi
ada jaringan layanan dan dapat berakses, transaksi dapat dilakukan selama 24 jam.
Layanan E-Banking dapat mempermudah nasabah untuk menerima informasi,
malaksanakan komunikasi serta melaksanakan transaksi perbankan lewat media elektronik
semacam layanan ATM, mesin EDC, SMS Banking, Phone Banking, serta Mobile Banking
Pembayaran menggunakan QRIS (quick response code indonesian standard) merupakan
sistem pembayaran Mobile Banking dengan fasilitas pilihan 2 tabungan yaitu tabungan
wadiah dan tabungan mudharabah. QRIS (quick response code indonesian standard)
adalah kelanjutan dari mesin EDC.
Fokus Penelitian yakni: 1) Bagaimana operasional QRIS? 2). Bagaimana Strategi
pemasaran menggunakan QRIS di BSI?.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1). Untuk mengetahui operasional QRIS. 2). Untuk
mengetahui Strategi pemasaran menggunakan QRIS di BSI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data
yakni observais, wawancara dan dokumentasi sehingga dapat mendapatkan hasil
penelitian yang valid. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data
yakni trianggulasi sumber dan tringulasi teknik untuk mendapatkan hasil informasi yang
diinginkan oleh peneliti.
Hasil dari penelitian ini yakni 1) Untuk dapat mengakses BSI mobile yakni semua
nasabah wajib meregistrasikan diri dengan mengisi formulir yang telah disediakan oleh
BSI untuk selanjutkan diarahkan mengunduh BSI mobile di hanphone nasabah. Kemudian
untuk mengaplikasikan BSI mobile caranya sangat mudah hanya perlu membuka aplikasi
BSI mobile dan mengarahkan kamera ke titik-titik kotak yang disediakan oleh penjual atau
yang dituju dan mengetikkan sejumlah nominal yang akan dibayarkan atau di transfer.
Semua kalangan sangat diuntungkan oleh BSI mobile terutama QRIS sebagai bentuk
transaksi antara penjual dan pembeli maupun yang lainnya karena tidak perlu repot
mengetik nomor rekening yang tidak hanya 6 angka saja yang banyak sekali kasus salah
transfer karena salah mengetikkan angka nomor rekening.2) Strategi pemasaran dengan
menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran digital di BSI LCP Jember Gajah Mada.
Upaya strategi pemasaran BSI KCP Gajah Mada yakni berusaha memudahkan pengguna
untuk bertansaksi melalui BSI mobile, berusaha menetapan harga QRIS pada aplikasi BSI
mobile saat pembayaran yakni gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun, berusaha
memudahkan nasabah dalam mengakses dimanapun nasabah berada selama terkoneksi
dengan internet yang stabil, untuk melncarkan strategi pemasaran yang telah direncanakan
BSI KCP Jember Gajah Mada juga melakukan promosi dengan cara online dan offline.
Cara online dengan mempromosikan di berbagai sosial media. Dan jika offline mereka
melakukan promosi ketika nasabah datang ke kantor BSI dan melakukan pendaftaran untuk
menjadi nasabah, layanan QRIS pada aplikasi BSI mobile sangat cepat dan di waktu yang
sama tanpa menunggu waktu lama. Kendala yang dihadapi dalam mengenalkan QRIS
sebagai media pembayaran yakni seringkali menemukan nasabah yang tidak bisa
mengikuti perkembangan teknologi digital dan nasabah yang tidak memiliki RAM HP
yang cukup untuk mendownload aplikasi BSI mobile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Elly Gustiana
Date Deposited: 19 Jun 2024 06:40
Last Modified: 11 Jul 2024 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33387

Actions (login required)

View Item View Item